Mo bikin pengapian lebih mumpuni meladeni derasnya uap BBM tapi gak mau
keluar banyak modal? Pernah coba kapasitor 4.7 uF? Untuk motor standard
(ukuran spuyernya) cukup pake yg 4.7 uF. Mau pake kapasitor yg ukurannya
lbh besar spy apinya juga gede boleh aja tapi musti diikuti dgn
menaikkan angka spuyer. Hal ini untuk mencegah agar piston tdk bolong
akibat pengapian 'kering'.
Kapasitor? Ya iya, itu loh yg suka ada
di benda2 elektronik spt tape, radio, tv dll. Ukurannya gak lebih besar
dr sebutir kacang (oops..... jangan ngeres, malu sama bu guru yg rajin
memantau milis, maaf ya bu), punya 2 kaki, kaki yg panjang positif yang
pendek negatif (CeMIIuW, negatif atau positifnya tertera koq), harganya
pun gak lebih dr goceng atau Rp. 5.000,- bahkan ada yg cuma 500 perak.
Cara
pasangnya nggak susah, cukup menyambungkan kabel dr CDI ke koil (pada
RX King berwarna orens/oranye) dgn kaki negatif dan kaki positifnya
berfungsi sbg penerus arus dr kapasitor ke koil.
Masih bingung?
Begini deh, di RX King kabel dr CDI ke koil kan warnanya orens. Nah arus
dr CDI ke koil di salurkan dulu ke kaki negatif kapasitor sementara
kaki positif kapasitornya meneruskan arus dr kapasitor ke koil.
Gimana
caranya? Boleh dengan memotong kabel orens tsb untuk disambungkan ke
kaki negatif kapasitor atau melepas dulu soket kabel orens yg di koil
untuk disambung dgn kapasitor. Ingat ya, kaki negatif ke arah CDI dan
kaki positif ke koil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar